Kuliah Kerja Nyata; Mengukuhkan Nilai-Nilai Islami Serta Penguatan Agama dan Nilai-Nilai Kebangsaan

Perguruan tinggi hadir tidak hanya menjalankan fungsi sebagai pendidikan dan penelitian saja melainkan sebagai pengabdian kepada masyarakat. Sebanyak 121 orang akanmengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), adapun pelaksanaan KKN Tahun Akademik 2019/2020 berlokasi di Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu dan diharapkan setelah mengikuti KKN mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar, khususnya dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara lebih nyata, KKN merupakan media penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat serta diharapkan dapat lebih meningkatkan empati, kepedulian, kerjasama mahasiswa secara multidisipliner dan memberi konstribusi bagi kehidupan di masyarakat.

M. Aripin Nurmantoro (Ketua LPPM) menegaskan bahwa KKN memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan melatih mahasiswa untuk berfikir kritis, praktis dan komprehensif dalam memecahkan masalah pembangunan di masyarakat, serta menggali berbagai kondisi masyarakat sebagai umpan balik (feedback) dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk melatih mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program di masyarakat. Lebih dari itu, KKN ini diharapkan dapat mengukuhkan nilai-nilai Islami serta penguatan agama dan nilai-nilai kebangsaan.

Program KKN ini dirancang sedemikian rupa sebagai wujud pengabdian Perguruan Tinggi terhadap masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan, pemberian bantuan pemberdayaan, pembimbingan, pendampingan, pengembangan potensi dan lainnya untuk penyadaran potensi yang dimiliki dan membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan dimasyarakat.

Selain itu, Dulwahid Toha (Puket III, Bidang Kemahasiswaan) menyampaikan bahwa program KKN merupakan salah satu program dalam rangka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengamalan Ilmu sebagai wujud penerapan keilmuan dalam kehidupan masyarakat guna mendukung pencapaian Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pelaksanaan program KKN ini juga sebagai bentuk pengintegrasian Tri Dharma Perguruan Tinggi dan merupakan salah satu kewajiban bagi seluruh mahasiswa program sarjana (S1) dilingkungan STKIP Al-Amin Indramayu secara individu maupun berkelompok, untuk menerapkan hasil pendidikan dan/atau hasil penelitian dalam upaya pemberdayaan masyarakat demi perkembangan dan/atau pembangunan berkelanjutan. (Admin)